Tuesday, February 19, 2013

Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Remaja Putri

Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Remaja Putri - Sebelumnya saya sudah membuat postingan yang membahas mengenai "Mengenal Masa Pubertas pada Remaja", dalam postingan atau artikel tersebut saya menjelaskan sedikit mengenai pengertian masa pubertas pada remaja. Ini penting juga untuk diketahui karena kondisi fisik maupun psikis remaja yang sedang mengalami masa pubertas akan sangat berbeda dengan masa kanak-kanak atau pun masa dewasa. Jika Anda ingin membacanya lagi, silahkan saja ke sini "Mengenal Masa Pubertas pada Remaja".
Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Remaja Putri
Remaja putri
Perubahan fisik pada masa remaja adalah sebuah keniscayaan karena aktivitas aktif dari tubuh yang sedang berkembang. Pada masa remaja, biasanya secara garis besar terjadi 2 perubahan yakni perubahan secara fisik dan perubahan pada psikis atau psikologi.

Nah, bagaimana perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja. Artikel yang saya buat kali ini, saya berusaha memberikan informasi mengenai "Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Remaja Putri".

Empat perubahan fisik pada masa remaja yaitu :
  1. Perubahan ukuran tubuh, Perubahan fisik utama pada masa puber adalah perubahan ukuran tubuh dalam tinggi dan berat badan.
  2. Perubahan proporsi tubuh, Perubahan fisik pokok yang kedua adalah perubahan proporsi tubuh, daerah-daerah tubuh tertentu yang tadinya terlampau kecil sekarang menjadi terlampau besar. Badan yang kurus dan panjang mulai melebar di bagian pinggul, bahu, dan ukuran pinggang berkembang, tungkai kaki lebih panjang dari pada badan dan keadaan ini bertahan sampai sekitar usia 15 tahun. Lengan dalam pertumbuhannya mendahului pertumbuhan pesat badan, sehingga tampaknya terlalu panjang, pertumbuhan lengan dipengaruhi oleh usia kematangan.
  3. Perubahan Seks Primer, akan dibahas pada artikel saya selanjutnya.
  4. Perubahan Seks Sekunder, akan dibahas pada artikel saya selanjutnya
Secara umum, perubahan fisik pada remaja putri yang sedang mengalami masa pubertas, diantaranya :
  1. Struktur vulva menjadi lebih besar dan lebih jelas, warnanya pun mengalami perubahan.
  2. Selama pubertas, mons pubis membesar, mendorong bagian depan labioa majora menjauh dari tulang kemlauan dan jadi tepat menghadap ke bawah saat berdiri. Jumlah lemak tubuh mempengaruhi perubahan tersebut.
  3. Payudara akan tumbuh membesar dan berbentuk seperti payudara wanita dewasa. Pertumbuhan ini dimulai dengan terbentuknya gundukan lembut tepat di bawah aerola yang akan terasa sakit  terutama jika ditekan. Gundukan kecil ini bisa tumbuh di salah satu atau di kedua belah payudara sekaligus.
  4. Adanya pertumbuhan rambut pubis yang dimulai di labia majora yang kemudian menyebar ke mons
  5. Adanya pertumbuhan rambut pada bagian ketiak.
  6. Pertumbuhan tinggi badan akan tampak jelas karena adanya ledakan pertumbuhan akibat pengaruh hormon.
  7. Perkembangan otot paha yang lebih besar di belakang tulang paha dibandingkan di bagian depannya.
  8. Pelebaran pinggul.
  9. Ukuran tangan dan kaki lebih kecil dibanding pria.
  10. Wajah lebih bulat.
  11. Hormon estrogen membuat kulit menjadi semakin halus, lembut dan vaskular lebih tebal.
  12. Suara semakin halus.
  13. Adanya peningkatan sekresi kelenjar minyak dan keringat yang seringkali menyebabkan jerawat dan bau badan.
  14. Perubahan distribusi berat badan dan lemak. Timbunan dan cadangan lemak berpusat terutama di sekitar bokong, paha dan pinggul.
  15. Periode menstruasi akan dimulai.

Artikel Terkait

Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Remaja Putri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email