Thursday, April 28, 2016

5 Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja - Masa remaja merupakan masa yang erat dengan kenakalan remaja. Kenakalan remaja merupakan sesuatu yang lumrah, apalagi masa remaja merupakan masa pencarian jati diri.

Walaupun itu sesuatu yang lumrah, namun juga harus diminimalisir atau diatasi. Berikut cara mengatasi kenakalan remaja.
5 Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

1. Kasih Sayang Orang Tua
Keluarga merupakan tempat anak menerima berbagai pendidikan awal. Dari keluarga anak belajar bersikap, bertingkah laku dan lain sebagainya.

Kasih sayang orang tua sangat penting bagi anak. Kasih sayang orang tua yang kurang bisa mengakibatkan remaja menjadi nakal. Dan begitu pula, kasih sayang orang tua yang cenderung menuruti segala kemauan anak juga bisa mengarah kepada kenakalan remaja.

Oleh karena, orang tua harus pintar-pintar menempatkan diri dan memberikan kasih sayang yang sesuai.

2. Pembelajaran Agama yang Kuat
Remaja yang mengenal Islam secara dalam tentu akan mudah terhindar dengan kenakalan remaja. Dengan agama, hidup remaja akan lebih terarah.

Remaja yang paham agama kemudian melaksanakan perintah agama, dalam hidupnya memiliki pertimbangan-pertimbangan baik atau buruk. Pahala dan dosa. Hari pertanggung jawaban dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi kenakalan remaja adalah pembelajaran dan pemahaman agama yang baik.

3. Teman Bergaul
Salah satu elemen penting yang mempengaruhi remaja adalah teman bergaul. Semakin positif teman bergaulnya, tentu sang remaja tidak akan melakukan hal-hal yang sifatnya negatif.

Orang tua harus memperhatikan dengan siapa sang anak bergaul. Orang tua harus menasehati kepada sang anak agar memilih teman bergaul yang baik, teman bergaul yang melakukan hal-hal positif dan bermanfaat.

Sang anak juga harus paham bahwa dari temanlah ia bisa dinilai. Ia harus belajar mencari teman yang baik. Jika ada teman yang kurang baik hendaknya dinasehati agar bisa melakukan hal-hal positif dan kalaupun tidak bisa hendaknya teman tersebut dihindari.

4. Pengawasan Guru/Sekolah
Sekolah formal bisa dikatakan merupakan sekolah kedua bagi anak remaja. Sebagian besar waktu remaja biasanya dihabiskan di sekolah.

Oleh karena itu, seorang guru di sekolah harus bijak dalam mendidik siswanya. Apalagi yang memasuki masa remaja.

Sang guru harus memberikan contoh yang baik, berusaha bersahabat dengan mereka, memberikan teladan dan motivasi dalam dirinya untuk menjadi orang hebat di masa depan.

5. Pengawasan Media
Di era sekarang, pengawasan media baik elektronik maupun cetak harus dilakukan guna mencegah kenakalan remaja.

Orang tua selain memberikan fasilitas teknologi kepada anaknya, juga harus berusaha mengawasi penggunaan teknologi yang diberikan. Terutama teknologi komunikasi berupa handphone, smart phone dan lain sebagainya.

Bentuk pengawasan tersebut dapat berupa pemberian pemahaman tentang bahaya konten-konten yang tidak baik dalam mempengaruhi perilakunya kelak.

Selain itu, hendaknya orang tua menjadi tempat curhat yang baik bagi anak. Jangan sampai sang anak lebih banyak curhat di sosial media kemudian orang tua tidak tahu atau tidak mau tahu tentang permasalahan yang dihadapi sang anak.

Baca juga : Perubahan Fisik pada Masa Pubertas Remaja Putri

Demikianlah 5 cara mengatasi kenakalan remaja, yang dipelopori dari orang tua, sekolah dan media. Semoga pembahasan ini bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait

5 Cara Mengatasi Kenakalan Remaja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email